Laman

Selasa, 15 November 2011

KTT ASEAN, 1000 Polisi Jaga Jalur Lombok

Pintu masuk ke Bali, termasuk dari pelabuhan dan bandar udara di NTB, akan dipantau ketat.

Rabu, 16 November 2011, 10:44 WIB
Anggi Kusumadewi
VIVAnews – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mengerahkan 1.000 personel untuk mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-19 yang berlangsung di Bali tanggal 17-19 November 2011.

Kapolda NTB, Brigadir Jenderal Arif Wachyunadi, memimpin langsung apel persiapan pasukan pengamanan KTT ASEAN yang berlangsung di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, hari ini. Arif mengungkapkan, pengamanan KTT ASEAN di Bali difokuskan pada sejumlah pintu masuk, terutama pelabuhan dan bandara udara.

Khusus untuk NTB, Arif mengemukakan, terdapat tiga bandar udara yang seluruhnya ikut dipantau, yakni Bandara Brangbiji di Sumbawa, Bandara Sultan Salahuddin di Bima, dan Bandara Internasional Lombok di Lombok Tengah. “Tidak hanya itu, kami juga mengawasi sejumlah kawasan pendaratan seaplane,” kata Arif di Mataram, Rabu 16 November 2011.

Pelabuhan-pelabuhan, termasuk pelabuhan nelayan yang mempunyai akses langsung ke perairan Bali, juga tidak lepas dari pantauan polisi. Menurut Arif, di NTB terdapat lebih dari seratus pintu keluar-masuk yang kerap digunakan nelayan. Salah satunya adalah Perairan Sekotong di Lombok Barat yang memiliki akses langsung ke Benoa, Bali.

Pengamanan di jalur lintas menuju Bali juga ditingkatkan, terutama terhadap kendaraan mobil box. Sasaran operasi pengamanan KTT ASEAN, terang Arif, lebih pada mengantisipasi tindak kejahatan dan gangguan keamanan yang dapat mengganggu jalannya KTT ASEAN di Bali.

“Hari ini semua tempat yang saya sebutkan tadi sudah dijaga. Kami juga mengawasi ketat pergerakan orang yang diindikasikan akan berbuat kejahatan. Namun sampai saat ini, belum ada laporan gangguan keamanan,” jelas Arif.

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-19 yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, akan dihadiri oleh 18 kepala negara, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Arif menjamin, Nusa Tenggara Barat akan mendukung terciptanya suasana kondusif selama KTT ASEAN berlangsung.

3 komentar: